My Little Story

Annyeong nae chingu... Ga terasa ya udah lama aku ga menyapa temen-temen semua. Di pagi yang cerah ini aku mau berbagi sedikit cerita dan pengalaman aku nih selama hampir 2 semester kuliah. Jadi aku kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jurusan Teknik Kimia. Bagi yang belum tahu Untirta itu apa ataupun dimana akan aku kasih informasinya nih. Jadi... Untirta itu merupakan satu-satunya universitas negeri di provinsi Banten. Lokasi kampus utamanya terletak di Serang sementara untuk kampus Teknik terletak di daerah kawasan industrial Cilegon (yang ada PT.Krakatau Steel nya loh..). Kebayang dong ya setiap hari ketemu sama tronton-tronton yang super gede.. Oke let's skip ke sesi curhat.. HIHI:D

Jadi awalnya sebenernya aku tuh ga kepikiran sama sekali akan masuk Untirta dengan jurusan superrr Teknik Kimia.. Secara gitu aku agak lola di yang namanya matematika atau fisika. Saat aku masih kelas 3 SMA aku tuh udah punya angan-angan akan masuk jurusan yang jauh dari namanya matematika dan fisika. Pokoknya mah SAY NO TO THEM lah.. hahhahhh
Walah.. walah akhirnya pas aku udah hampir menyerah karena ga lolos SNMPTN, SBMPTN maupun mandiri (percaya ga sih aku tuh sampe jauh" dari tangerang pergi ke semarang hanya demi mengejar cita")  Dan jeng.. jeng.. jeng... Aku akhirnya lolos seleksi UMB di prodi yan justru paling aku hindari (TEKNIK brooo:'( Detik" pertama aku seneng banget karena akhirnya lolos juga di universitas negeri. Hingga beberapa hari kemudian aku mulai sadar bahwa aku akan ketemu lagi sama yang namanya matematika dan fisika.......... ARRRRRGGGGGGGHHHHHH TIDAKKKKKKK!!!!! Saat itu cuma ada 2 pilihan yaitu legowo menerima takdir atau tetep kekeuh dan nunda kuliah dulu selama 1 tahun. Bener' deh saat itu tuh adalah salah satu momen paling galau di dalam hidup aku. Kalau aku memutuskan untuk kuliah berarti hari" aku selama 4 tahun kedepan akan terus diisi sama yang namanya matematika dan fisika:'( tapi kalau aku ga kuliah terus mau ngapain dong?? Kerja?? Sebenernya yang paling aku takutin kalo aku ga ngambil kesempatan tersebut bukan karena umur atau apapun itu melainkan aku takut kalau" ternyata itu memang takdirku dan aku malah mencoba untuk mengingkarinya... Lah kenapa jadi melowww gini ya.. MAAF" semuanya..
Akhirnya aku pun memutuskan untuk melanjutkan kuliah dengan prodi tersebut dan mengambil setiap resiko yang akan muncul walaupun aku sempet pesimis banget sih... Semester pertama bagi seorang mahasiswa (menurut aku ya..) adalah masa" yang paling berat dimana kita harus menyesuaikan diri lagi dan belajar untuk menjadi pribadi yang mandiri dan dewasa.. Aku juga baru tau loh letak perbedaan dosen sama guru.. Kalau guru selalu inget nama siswa/i nya jangan berharap demikian sama dosen.. hanya mahasiswa tertentu aja yang akan keinget namanya sama dosen.. misalnya yang paling pinter, aktif nanya/jawab ataupun yang paling koplaxxx.. hehe:D Dan satu lagi nih letak perbedaan antara kuliah dan sekolah yang paling mendasar yaitu kalau sekolah semua murid secara tidak langsung mendapat jaminan untuk lulus setelah 3 tahun sekolah (untuk SMA/SMP ya..) sedangkan kalau kuliah jangan pernah berharap hal kayak gitu bakal terjadi lagi.. NO MORE kaleee karena ngarep kayak gitu sama aja kayak berharap hujan duit dari langit... wkwkkwkkkk
Mahasiswa benar' diberi kebebasan untuk menyelamatkan dirinya sendiri (mau 3,5 tahun dan dapet predikat cumlaude boleh.. mau ga lulus' dan jadi sesepuh juga boleh kok).. Wow kasihan bgt ya.. tapi jangan langsung putus asa dan pesimis dulu dong.. Sesuai dengan gelar yang akan kita sandang setelah kita lulus nanti.. (Amin pasti lulus 4 tahun!!) yaitu sebagai seorang sarjana yang akan menghadapi dunia kerja tentunya kita harus membangun relasi yang baik dengan banyak orang baik dosen, temen, senior maupun junior. Karena hanya dengan  itulah diri kita bisa terus berkembang lewat informasi ataupun pertolongan yang mereka berikan.. So sweet ya:) Intinya mah Tuhan akan selalu kasih kita jalan yang baik asalkan kita mau berusaha, berdoa dan menyerahkan segala sesuatunya dengan ikhlas.. Tapi harus digarisbawahi ya bahwa apa yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut Tuhan.. Oke:)
Akhirnya akupun sampai di penghujung semester satu dan hasilnya ternyata tidak terlalu mengecewakan bahkan bisa dibilang cukup baik.. Akupun mulai sadar dan mencoba untuk selalu berpikir positif (walaupun kadang masih suka flashback sih... Cieeelah) Emang harus aku akui MOVE ON itu ga mudah, bukan hanya dalam hubungan (ya iyalah wong aku belum pernah pacaran... hihi biasalah jomblo eh bukan jomblo deh tp SINGLE) melainkan juga dalam pilihan' hidup.. Tapi kita mungkin ga akan pernah bisa survive jika terus memendam impian di tempat dimana kita tidak berada disitu.. jadi mulai sekarang belajarlah untuk membangun impian baru ditempat yang baru bersama dengan orang-orang yang baru juga.. Dan satu lagi nih ada quote favorit aku sebagai penutup.. 
"YOU ARE FREE TO CHOOSE BUT YOU AREN'T FREE FROM THE CONSEQUENCES OF YOUR CHOICES!!" So do your best with full of responsibillity meskipun hal itu bukanlah apa yang kalian inginkan dari awalnya.. KEEP SPIRIT!! SUCCESS IN YOUR HAND!!:D

Read Users' Comments (3)

3 Response to "My Little Story"

  1. Aisyah Kyumi, on 21 Mei 2016 pukul 13.33 said:

    Aku juga demikian kak, aku gak lulus snmptn, daftar sbmptn telat gara2 akunya masih bingung, bingung mau ambil jurusan apa, karena kalo mau ambil jurusan yang waktu di snmptn gak di bolehin, trus sekarang aku udah mantap buat berjuang di umb-pt karena waktunya yg masih memungkinkan untuk belajar, kira2 gimana ya cara belajar yg pas biar aku bisa menguasai materi ujinya nanti?

  2. Btari Elizabeth Sean, on 21 Juli 2016 pukul 22.17 said:

    Halo Aisyah Kyumi.. makasih ya buat komennya. Hemmm waktu menghadapi umb-pt sih cara belajar aku ga beda jauh ya sm sebelum2nya cuma paling intensitasnya aja yang sedikit meningkat. Dan sebaiknya perbanyak mengerjakan soal.. Selain itu kamu juga perlu mengenal kelemahan kamu.. Misal kalo aku punya kendala terbesar setiap menghadapi ujian itu grogi/nervous. Dan barangkali kamu kamu juga mengalami hal yang sama supaya bisa dicari solusinya mulai dari sekarang.. Bulatkan lagi tekadnya untuk bisa kuliah di ptn tahun ini. Amin.. Tetep semangat, jangan nyerah dan banyakin berdoa karena kalo emang waktunya pasti akan terjadi kok Semua akan indah pada waktunya:)

  3. Kamal, on 10 Mei 2019 pukul 20.01 said:

    Halo, kak. Makasih banyak ya inspirasinya :")

Posting Komentar