Contoh Naskah Pidato dengan Tema Nasionalisme



Naskah Pidato
Membangkitkan Semangat Nasionalisme Di Kalangan Pelajar

Selamat pagi,
     Bapak dan Ibu Guru beserta Staff  Tata Laksana serta Siswa-Siswi SMA Negeri 8 Tangerang yang Ibu cintai. Mengawali  upacara  di pagi hari ini marilah terlebih dahulu kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan karunia-Nya kita dapat kembali melaksanakan kegiatan upacara yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin.
     Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana nasionalisme di kalangan pelajar yang kian hari kian menurun. Para pahlawan yang tanpa pamrih berkorban demi eksistensi martabat derajat bangsa Indonesia pastilah merasa sedih bila melihat betapa kurang pedulinya pelajar dalam memaknai nasionalisme.
     Pengaruh globalisasi di kalangan remaja khususnya pelajar memang tak jarang membuat mereka kehilangan identitasnya sebagai bangasa Indonesia. Akibatnya, banyak kejadian diantaranya pelajar yang tidak hapal Pancasila ataupun lagu wajib Indonesia Raya bahkan kita juga sering mendengar pelajar yang terlibat tawuran.
     Kita khawatir, jika rasa nasionalisme ini semakin terkikis maka permasalahan bangsa kita akan semakin parah di masa mendatang. Sebab, bila semangat nasionalisme sudah luntur maka bangsa ini akan dengan mudah terkoyak-koyak yang menjadikan disintegrasi bangsa.
     Justru itu, nilai-nilai perjuangan yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan bangsa harus dapat kita lestarikan. Tapi, semua itu tidak cukup hanya dengan kata-kata melainkan harus dengan tindakan nyata.
     Karena itu kita harus menanamkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dalam diri pelajar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti meraih prestasi yang tinggi dengan belajar sungguh-sungguh, mengikuti lomba-lomba olimpiade tingkat nasional sampai internasional, membuat ide-ide kreatif untuk meningkatkan kemajuan Indonesia, mencintai produk dalam negeri dan sebagainya.
     Anak-anak sekalian, dewasa ini kita harus mampu membuktikan bahwa kita mempunyai rasa nasionalisme yang positif dan kita harus selektif dalam menghadapi era globalisasi ini. Karena tentunya akan banyak hal-hal yang dapat merusak dan mengurangi rasa nasionalisme kita.
     Demikian yang dapat Ibu sampaikan. Kiranya apa yang tadi telah disampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika ada salah kata ataupun yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih.
Selamat pagi.

Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "Contoh Naskah Pidato dengan Tema Nasionalisme"

  1. Unknown, on 27 Februari 2016 pukul 17.20 said:

    mantaf
    sangat berisi

Posting Komentar